Tips mem-Flash Bios Acer Aspire One

Langkah-langkah mudah sbb:

  1. Download Bios terbaru di Acer center, bisa dicari disini: http://www.acer.co.id/ac/en/ID/content/drivers (pilih download bios).
  2. Extract file bios, nantinya didalam folder tersebut carilah file berekstensi *.fd, misalnya: fidev3.fd atau semacamnya, silakan rename file itu menjadi zg5ia32.fd; trus biasanya difolder yang sama terdapat file “Flashit.exe“… nah kedua file tersebut silakan dicopy ke flashdisk anda
  3. Langkah terakhir dan paling menentukan. Untuk memulai flash bios… silakan pencet dan TAHAN tombol fn+esc+power secara bersamaan. (begitu pencet power, tombol fn+esc tetap dipencet dan tahan sekitar 5 detik sampai melihat flashdisk anda berkedip-kedip tanda proses flash bios berjalan. Setelah muncul tanda-tanda itu ya silakan dilepas dan tunggu sekitar 1-5 menit sampai proses flashing selesai dan akan restart sendiri)

Jadi bila anda mengalami Acer Aspire One, tiba-tiba tidak ada tampilan; jangan langsung menduga mainboard rusak, siapa tahu masalahnya hanya karena BIOS laptop bermasalah.

1 comment:

  1. semua langkah sudah saya selesaikan, akhirnya BIOS muncul juga akan tetapi setelah sy restart dan saya cabut FD nya kok tetep tetep ga bisa masuk BIOS gan. sy coba tancapkan lagi FD kok bisa muncul BIOSnya. bagaimana untuk cara instalasinya? thanks

    ReplyDelete