mohon maaf

Memohon maaf, bukanlah hal yang mudah. Hal-hal itu kita alami sendiri dalam hidup kita sehari-hari. Mulai dari rumah, papa dan mama, kakak dan adik sampai ke lingkungan luar, orang lain, sahabat dan teman, atasan dan rekan kerja dst...

Untuk Hubungan dunia international , pertimbangan untuk meminta maaf lebih sulit lagi, karena mempertaruhkan nama negara dan rakyatnya yang belum tentu setuju dengan cara merendah itu.

Memohon maaf artinya kita mengakui bahwa kita salah dan orang lain itu benar. Karena itu untuk berani memohon maaf butuh waktu lama. Seperti Pemerina Belanda ini. Membutuhkan waktu lama sampai orang generasi yang telah mengalami perlakuan tersebut, kebanyakan telah tiada.

Pernah saya membaca sebuah artikel yang menulis bahwa memaafkan orang lain adalah sama halnya dengan berdamai dan memaafkan diri sendiri... hemm
Nah kalau kita baru memaafkan orang lain setelah kita berumur 60 tahun, terlalu lama ya? Tetapi belum terlambat kok, tidak salah kita memulai memohon maaf dan memaafkan setiap saat!



klipingku dari: Radio BBC

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete