tertawalah, bikin awet

Sudah pernah dengar ’laughing everyday keeps the doctor away’ ?

Tertawa memang salah satu bentuk pengekspresian diri yang paling menyenangkan, sekaligus juga merupakan salah satu misteri universal. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa tertawa bermanfaat banyak untuk kesehatan Anda. Dengan melakukan hal satu ini, Anda dapat melepaskan emosi dan ketegangan yang tertahan. Simpanan emosi dalam diri Anda pada saat marah, takut, sedih, stress, atau bosan yang harus disalurkan seakan menemui ’pipa’ yang cocok dengan tertawa. Apalagi kalau bukan karena tertawa merupakan salah satu alternatif terbaik untuk menemukan jalan keluar dari ketegangan.

Bagaimana sih sebenarnya tertawa bisa sebegitu penting dan menjadi obat awet muda yang manjur? Saat Anda terangsang untuk tertawa, otak menekan Anda untuk melakukan dua hal yang simultan. Pertama adalah visual, yang terdiri dari gerakan muka khusus, kedua adalah phonic yang mengeluarkan bunyi tertentu. Selama tertawa, ada banyak perubahan dalam banyak bagian tubuh termasuk tangan, kaki dan otot. Lima belas otot muka berkontraksi dan terdapat rangsangan elektrik pada sebagian besar otot mulut.

Dalam keadaan tertentu, pembuluh air mata terangsang, sehingga selagi mulut terbuka dan tertutup ada suatu dorongan untuk menghisap udara yang cukup, sehingga muka memerah dan mata berair.

Penelitian medis pun mengemukakan bahwa dengan tertawa, Anda akan mendapatkan keuntungan psikologi terhadap kesehatan. Tertawa yang merupakan respon psikologi terhadap humor akan membuat Anda lebih bisa menangani sesuatu yang sulit dengan lebih tenang secara emosional. Bila masih penasaran apa saja yang bisa dilakukan oleh ’si tawa’ ini, boleh Anda cek sendiri di bawah..

1. Penghilang stress
Tertawa yang berasal dari dalam hati dan bukan sekedar basa-basi belaka akan mengurangi tingkat stress tertentu. Bukan itu saja, tertawa bahkan juga menumbuhkan hormon. Ini sangat bagus karena hormon stress itu sendiri akan menekan sistem kekebalan, sehingga meningkatkan jumlah platelet (sesuatu yang dapat menyebabkan gangguan dalam arteri) dan meningkatkan tekanan darah Anda. Jadi rajin tertawa menghindarkan Anda dari serangan hipertensi.

2. Penebal kekebalan tubuh
Tertawa pada dasarnya akan membawa keseimbangan pada semua komponen dalam sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan sistem kekebalan tubuh yang semakin kuat, penyakit tidak mudah menghampiri, sehingga tertawa bisa menjadi ’vitamin’ tambahan yang menjaga tubuh Anda rentan penyakit.

3. Penambah jumlah oksigen
Tertawa akan meningkatkan aliran darah sekaligus juga oksigen dalam darah, yang dapat melancarkan pernapasan Anda. Bagus untuk Anda yang menderita asma. (hanyawanita.com)

No comments:

Post a Comment